Kamis, 30 Juni 2011

Menentukan Tujuan dan Objek Bacaan
Dari Beberapa Teknik Membaca



Oleh
Luh Ayu Cinthya Herliyanti
NIM. 1012011003
2B

JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
SINGARAJA
2011

Sepuluh tehnik membaca beserta tujuan dan objek bacaannya.
1. KWLH
2. FORMULA 5 S
3. CATU
4. SURTABAKU
5. RSVP
6. OARET
7. SQ3R
8. PQRST
9. EART
10. SQ4R
11. POINT

1. Teknik Membaca KWLH

KWLH adalah singkatan dari :
1. K (know), yang berarti apa yang telah diketahui atau pengetahuan apa yang dimiliki seoarng pembaca sebelum ia membaca suatu bacaan. Misalnya seperti seorang murid telah tahu mengetahui suatu perkara.
2. W (want), yang berarti apa yang hendak diketahui oleh seorang pembaca sebelum membaca suatu bacaan.
3. L (learned), yang berarti apa yang telah diketahui atau diperoleh seorang pembaca setelah melakukan kegiatan membaca.
4. H (how), yang berarti bagaimana cara seorang pembaca untuk mendapatkan informasi tambahan yang berkaitan dengan kegiatan pembacaan selanjutnya. Seperti informasi yang diperoleh melalui media tv, internet atau sumber-sumber lain yang sejenis (untuk membaca seterusnya).



TUJUAN TEKNIK MEMBACA KWLH :
1) untuk membaca secara kritis
2) untuk mengaitkan pengalaman yang sudah ada dengan perkara yang dibaca
3)untuk mengenal pasti atau memahami secara mendalam perkara-perkara yang sudah dipelajari dan perkara-perkara tambahan yang perlu diketahui lagi.

Teknik ini cocok diterapkan untuk membaca objek bacaan berupa :
1.buku pelajaran, seperti buku sintaksis
2.artikel
3.cerpen

2. Formula 5 S
5 S merupakan singkatan dari :
1. Sedot, yang berarti menyedot atau membaca ide-ide yang ada dalam suatu bacaan.
2. Saring, yakni proses melihat sekilas pada bagian awal dan akhir sebuah tulisan.
3. Seleksi, artinya memilih, menyaring, dan menyortir isi bacaan.
4. Serap, berarti
5.. Sarikan
Menurut KBBI sarikan artinya mengikhtisarkan, menyimpulkan, menyingkat, merangkum, meringkas.Untuk sarikan dengan jelas apa yang sudah kami baca gunakan kata kunci definisi, pertanyaan, dan catatan pinggir yang telah kami serap kemudian tulis tujuan dan pokok bacaan yang kami baca. Pada tahap manapun saat membaca saring, seleksi, serap atau sarikan yang penting adalah mendapatkan kata kunci atau konsep dan pertanyaan yang menjadi jangkar teks di dalam pikiran kita.

Tujuan tehnik membaca formula 5 S:
a. Untuk mengetahui kebenaran dari hipotesa yang kita buat
b. Untuk memudahkan pembaca mengingat poin-poin penting yang terdapat dalam teks bacaan
c. Untuk meningkatkan daya ingat pembaca terhadap teks bacaan
Objek bacaan yang bisa diterapkan dengan teknik ini adalah bacaan berupa artikel, buku ilmiah, dan koran.
3. Teknik CATU
Metode “catu” sesungguhnya adalah metode yang biasa dipakai di dalam membaca artikel, bahan kuliah, dan bacaan ilmiah lainnya. Tetapi metode ini dapat juga dipakai utk membaca bab atau seksi buku. Dalam membaca dengan metode ini yang pertama dilakukan ialah menentukan informasi fokus yang berupa pikiran pokok. Kemudian dicarilah (CA) butir-butir penting dari informasi fokus dimaksud dalam bacaan bersangkutan. Sesudah butir-butir penting yang diperlukan diperoleh dikatakan atau dituliskanlah butir-butir kembali dengan kata-kata sendiri (T) secara lugas. Akhirnya pengertian yang telah dirumuskan itu dites atau diuji (U) benar tidaknya dengan cara mencobakannya pada masalah lain yang bersamaan. Untuk memantapkan pengertian baik juga dicoba mencari contoh-contoh keadaan yg dapat menggambarkan pengertian tersebut. Akhirnya dari pengujian atau contoh-contoh itu dapat dilihat kelemahan dan kekuatan pengertian yang dimaksud. Dengan demikian pemahaman akan isi bacaan akan lebih mantap dan mendalam.
Tujuan dari teknik membaca ini adalah :
1. Untuk mengetahui informasi yang diinginkan
2. Untuk membandingkan informasi yang satu dengan informasi lainnya
3. Untuk menguji informasi yang telah ditemukan
Metode “catu” sesungguhnya adalah metode yang biasa dipakai di dalam membaca artikel, bahan kuliah, dan bacaan ilmiah lainnya. Tetapi metode ini dapat juga dipakai utk membaca bab atau seksi buku.

4. Teknik membaca surta
Surtabaku merupakan salah satu metode membaca yang terdiri atas tahap-tahap sesuai urutan akronim surtabaku, yakni (1) sur adalah kependekan dari survei, (2) ta adalah kependekan dari tanya, (3) ba adalah kependekan dari baca, (4) k adalah kependekan dari katakan, dan (5) u adalah kependekan dari ulang. Akronim ini dibuat oleh Profesor Daulat P. Tampubolon, Ph.D.
Tujuan :
Pertama, untuk mengetahui materi yang kita hadapi dalam bahan bacaan itu sesuai dengan keperluan kita atau tidak dari kegiatan survei.
Kedua, untuk mendapatkan pemahaman komprehensif, bukan ingatan. Pemahaman komprehensif akan bertahan atau tersimpan lebih lama di otak kita daripada ingatan tentang materi yang kita baca.
Ketiga, untuk lebih fokus untuk mendapatkan sejumlah informasi berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang kita buat pada tahap tanya. Dengan kata lain, kita akan lebih konsentrasi terhadap bahan bacaan yang sedang kita baca.
Teknik ini cocok digunakan untuk membac buku ilmiah, buku pelajaran, dan kamus.
5. Teknik membaca RSVP
RSVP terdiri dari :
a. Review yang artinya mengulang
b. Study yang artinya belajar
c. Verbalize yang artinya mengungkapkan kembali secar lisan
d. Preview yang artinya meninjau kembali dengan mengulang membaca isi bacaan

Tujuan teknik membaca ini adalah :
1. Untuk memudahkan memahami isi bacaan. Teknik membaca terdiri dari Review yang artinya mengulang di mana pembaca disuruh membaca bacaan dengan cara mengulang,dengan demikian pembaca dapat mengingat apa yang di baca, karena dalam membaca, pembaca tidak cukup satu kali dalam membaca. Teknik membaca RSVP juga merupakan teknik membaca yang memahami dan mengerti isi bacaan, para pembaca dapat mengambil suatu ilmu pengetahuan dari bacaan yang dibaca.
2. Untuk mendapatkan suatu ilmu pengetahuan dari isi bacaan yang kita baca.
3. Untuk menanamkan pemahaman serta pengertian yang lebih mendalam terhadap objek bacaan

Teknik ini cocok diterapkan untuk membaca objek bacaan berupa : artikel, buku pelajaran, dan cerpen.

6. Teknik membaca OARET
Tekhnik membaca OARET merupakan salah satu tekhnik dari beberapa tekhnik membaca. Teknik ini singkatan dari Overview – Ask – Read – Evaluate – Test. Berikut penjelasan tentang OARET.
• Overview yaitu proses persiapan membaca dengan cara melihat secara sekilas isi buku mulai dari judul utama, sub judul, cover buku bagian belakang yang menjelaskan secara ringkas topik yang dibahas, kata pengantar dari penulis, maupun daftar isi.
• Ask adalah menanyakan beberapa hal mengenai isi buku.
• Read adalah mulai membaca buku dengan cermat dan kritis.
• Evaluate merupakan tahap menyebutkan atau menceritakan kembali jawaban-jawaban atas pertanyaan yang telah tersusun.
• Test adalah peninjauan ulang atas seluruh pertanyaan dan jawaban.
Tujuan teknik membaca ini adalah 1) untuk mengetahui informasi yang terdapat dalam suatu objek bacaan, 2) untuk memahami isi suatu bacaan, 3) untuk meninjau ulang isi sebuah informasi dalam bacaan
Obyek bacaan yang bisa dianalisis dengan teknik ini adalah : artikel, buku pelajaran, dan cerpen.


7. Teknik membaca SQ3R
Salah satu sistem yang banyak dikenal dan dipakai orang adalah SQ3R. Sistem membaca SQ3R dikemukakan oleh Francis P. Robinson pada tahun 1941. SQ3R merupakan proses membaca yang terdiri dari lima langkah, yaitu

1. SURVEI
Survei atau prabaca adalah teknik mengenal bahan sebelum membacanya secara lengkap. Tujuan srvei adalah
a. mempercepat menangkap arti
b. mendapatkan abastrak
c. mengetahui ide-ide penting
d. melihan susunan (organisasi) bahan bacaan.
e. Mendapatkan minat perhatian yang seksama terhadap bacaan.
f. Memudahkan mengingat lebih banyak dan memahami lebih mudah.
Ada beberapa teknik dalam melakukan survei. Untuk tiap jenis bacaan, teknik surveinya berbeda.
a. Teknik survei buku
- telusuri daftar isinya
- baca kata pengantar
- lihat tabel, grafik
- lihan apendiks
- telusuri indeks
b. Teknik survei bab
- lihat paragraf pertama dan terakhir
- lihat ringkasan
- lihat subjudul
c. Teknik survei artikel
- baca judul
- baca semua subjudul
- amati tabel
- baca pengantar
- baca kalimat pertama subbab
- buatlah keputusan (dibaca atau tidak)
d. Teknik survei klipping
- perhatikan judul
- perhatikan penulisnya
2. QUESTION
Pada langkah ini kita mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang isi bacaan.
3. READ
Perlu disadari bahwa membaca merupakan langkah ketiga, bukan langkah pertama.
4. RECITE/RECALL
Pada tahap ini Anda dapat membuat catatan seperlunya
5. REVIEW
Pada tahal ini Anda mencoba mengingat kembali dengan membaca ulang bacaan yang Anda baca.
Tujuan :
1. Untuk memperoleh informasi yang lebih bermutu, lebih berbobot, lebih kental, dan lebih utuh.
2. Untuk mengerti ide-ide pokok, perincian yang penting dari bacaan, dan pengertian yang menyeluruh terhadap bacaan itu.
3. Sangat baik untuk kepentingan membaca secara intensif dan rasional

8. TEKNIK MEMBACA PQRST
PQRST merupakan singkatan dari :
1. Preview, berarti sepintas isi bacaaan secara keseluruhan.
2. Question, yakni mengajukan sejumlah pertanyaan terkait dengan bacaan.
3. Read, yaitu membaca objek bacaan dengan lebih mendalam, cermat dan kritis sambil mencari jawaban atas semua pertanyaan yang telah dilontarkan.
4. Summarize, berarti meringkas isi bacaan.
5. Test, yakni melakukan pengkajian ulang pemahaman terhadap bacaan yang telah dibaca.

TUJUAN DARI TEKNIK MEMBACA PQRST :
1. Untuk memahami objek bacaan secara lebih mendalam.
2. Untuk memudahkan pembaca dalam mengingat informasi dalam bacaan.
3. Untuk meninjau ulang pemahaman terhadap bacaan yang telah dibaca.
Teknik ini cocok diterapkan untuk membaca objek bacaan berupa :
1. Buku pelajaran
2. Artikel
3. Cerpen
9. TEKNIK MEMBACA SQ4R
SQ4R merupakan singkatan dari :
1. Survey, yakni teknik untuk mengenal bahan sebelum membaca secara lengkap, digunakan untuk mengenal organisasi dan iktisar umum yang akan dibaca.
2. Question, berarti mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya terhadap isi bacaan.
3. Read, artinya membaca secara lebih mendalam terhadap objek bacaan.
4. Recite/ recall, yaitu menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menyebutkan hal-hal yang penting tentang isi bacaan.
5. Rite, berarti menulis jawaban serta hal-hal yang penting pada bacaan.
6. Review, yakni mengulang membaca kembali untuk mengecek hal-hal yang kurang terhadap isi bacaan.
TUJUAN DARI TEKNIK MEMBACA SQ4R :
1. untuk memperoleh informasi yang lebih bermutu, lebih berbobot, lebih kental, dan lebih utuh.
2. untuk mengerti ide-ide pokok, perincian yang penting dari bacaan, dan pengertian yang menyeluruh terhadap bacaan itu.
3. untuk memahami bacaan secara lebih mendalam.

Teknik ini cocok diterapkan untuk membaca objek bacaan berupa :
1. artikel
2. kliping
3. buku pelajaran
10. TEKNIK MEMBACA EARTH
EARTH merupakan singkatan dari :
1. Explore, berarti mengeksplor atau membaca bacaan secara keseluruhan, namun tidak secara mendalam.
2. Ask, yakni mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan bacaan yang sudah dibaca.
3. Read, yaitu membaca bacaan secara lebih mendalam daripada langkah baca yang pertama.
4. Tell, yakni menceritakan apa yang telah dibaca pada tahap read.
5. Harvest, berarti mengecek penginterpretasian pemahaman terhadap objek bacaan.

TUJUAN DARI TEKNIK MEMBACA EARTH :
1. Untuk memperoleh informasi secara lebih mendalam.
2. Untuk meninjau ulang pemahaman terhadap suatu bacaan.
3. Untuk memudahkan mengingat suatu objek bacaan.

Teknik ini cocok diterapkan untuk membaca objek bacaan berupa :
1. Buku pelajaran
2. Artikel
3. Cerpen
11) Teknik Membaca “POINT”
Teknik membaca “POINT” menggambarkan langkah-langkah membaca buku seperti berikut:
a. Purpose
Purpose (tujuan) yaitu pada langkah awal, pembaca harus menentukan tujuan membaca.
b. Overview
Overview (melihat sekilas) yaitu melakukan peninjauan awal secara sekilas mengenai keseluruhan buku untk melihat garis besar isinya, dan memutuskan apakah perlu membacanya atau tidak.
c. Interpret
Interpret (menafsirkan) yaitu melakukan tinjauan sekilas dan memutuskan untuk membacanya, maka bacalah buku itu dan interpretasikan maknanya.
d. Note
Note (mencatat) yaitu membaca secara teliti dan mengerti maknanya, membuat catatan-catatan penting untuk diingat selamanya.

e. Test
Test (menguji) yaitu pada tahap akhir kalian harus menguji diri sendiri mengenai apa-apa yang sudah dibaca. Cukup mengertikah dengan apa yang digambarkan dalam buku itu?
Tujuan : untuk mencari kebenaran dan mengujikan informasi yang telah didapat.
Objek bacaan: Artikel, buku pelajaran dan ensiklopedi.

2 komentar: